Ternak Bebek Petelur



Bebek sangat berpotensi, banyak peluang bisnis dari bebek, misalnya saja kita buka sebuah rumah makan bebek, atau kita beternak bebek petelur, atau kita juga malah membuat stok bebek pedaging, dan masih banyak lagi peluang bisnis dari bebek. Kali ini Jurnal Organik akan memberikan tips cara beternak bebek petelur untuk pemula dengan teknik yang sangat mudah dilakukan.

Bebek ada beberapa macam, diantaranya adalah bebek petelur merupakan bebek yang dibudidayakan dan dimanfaatkan telurnya, telur bebek berpotensi dan bernilai ekonomis yang cukup tinggi, selain permintaan beberapa rumah makan, telur bebek juga bisa dijadikan telur asin yang nilai jualnya dua kali lipat dari telur biasa, telur bebek juga diyakini oleh beberapa orang sebagai makanan kesehatan. Kemudian bebek pedaging, bebek jenis ini diternak untuk diambil dagingnya, banyak rumah makan dan restoran yang menjadikan daging bebek sebagai menu utama dan banyak diminati.


Kandang Bebek dan Sarana Budidaya Bebek

Budidaya bebek harus disiapkan terlebih dahulu kandang dan perangkat yang akan digunakan. sebelum itu alangkah baiknya kita mengenal dan mengetahui dahulu syarat yang harus dipenuhi dalam kandang bebek dan hal-hal lain untuk beternak bebek petelur:

Kandang bebek harus dalam keadaan suhu yang terjaga, tidak boleh panas dan tidak boleh dingin artinya batasan yang harus dijaga adalah suhu kandang tidak boleh kurang dari 35 derajat celcius dan tidak boleh lebih dari 40 derajat celcius.

Kelembaban kandang harus tetap terjaga, yaitu tidak boleh melebihi 60 persen
Kandang harus dilengkapi dengan penerangan, hal ini dikarenakan bebek tidak boleh gelap-gelapan dan yang paling utama adalah menjaga agar suhu tetap stabil

Kandang harus dilengkapi dengan alat/sarana atau wadah pemberian makanan
Alangkah baiknya, kita sudah menyiapkan kolam gubangan air untuk bebek bisa berenang dan kita bisa memberikan makanan ditempat tersebut.

Pembibitan Itik Petelur Yang Unggul dan Terbaik

Ada beberapa cara untuk mendapatkan bibit bebek petelur, diantaranya adalah:
Lakukan pembelian terhadap penyedia bibit itik petelur yang unggul, namun sebaiknya kita mengetahui cara pemilihan bibit unggul, diantaranya, bibit yang tidak tua berasal dari daerah yang sama karakter nya dengan daerah tempat kita akan berbudidaya, bisa membedakan bibit dan pejantan dan tentunya memilih bibit bebek yang sehat (tidak berpenyakit)

Jika sebelumnya kita sudah memiliki bebek atau memilih sendiri maka pilihlah bibit yang sudah bertelur dan kualitas telurnya sudah terjamin bagus

Pemiliha bibit harus cerdik, dan jika kita kurang mengetahui tentang bebek sebaiknya ajak seseorang yang lebih ahli dan berpengalaman dalam beternak bebek.
Perawatan Itik Hingga Menjadi Bebek Petelur

Perwatan itik petelur dengan cara yang terbaik adalah pastikan temperatur suhu tetap terjaga, kemudian makanan juga harus tetap terjaga, asupan vitamin dan mineral harus tetap terjaga, dengan memasukannya kedalam makanan atau minuman bebek, hal ini menjaga agar itik terjauh dari penyakit dan kondisi kesehatan ititk tetap bagus.

Diantara jenis pakan bebek adalah :

Jagung (giling kasar atau halus) sebanyak 40 Kg
Tepung tulang 1 ½ Kg
Dedak halus (bekatul) 40 Kg
Bungkil kedele 8 Kg
Tepung ikan 10 Kg
Minyak nabati ½ Kg

Ukuran ini tetap harus disesuaikan dengan fase pertumbuhan bebek dan jangan lupa vitamin tetap harus diberikan. Selain itu yang perlu diperhatikan untuk ternak bebek petelur adalah dibutuhkan bebek pejantan, perbandingannya adalah 10:1 jika memiliki 10 bebek betina maka harus ada 1 bebek pejantan.

Pemanenan Telur Bebek

Biasanya bebek akan siap bertelur ketika sudah berusia 20-30 minggu ketas dengan mesa produktif terbaik adalah selama 1 tahun. Lakukan pemanenan dengan hati-hati, jangan sampai telur retak atau bahkan sampai pecah, sebaiknya keluarkan terlebih dahulu bebek dari kandangnya.

(Jurnal Organik)


Ternak Bebek Petelur  Ternak Bebek Petelur Reviewed by Tag on Juli 05, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar