Merawat Dan Budidaya Ikan Discus




Ikan Discus adalah salah satu spesies ikan air tawar, ikan ini berasal dari Amerika Selatan, biasa ditemukan di Sungai Amazon, karena keindahan dan variasi warna ikan ini maka ikan ini kemudian dicari dan dipelihara oleh pecinta ikan hias. Kemudian beberapa ahli juga melakukan penelitian dan melakukan perkawinan silang pada discus sehingga menghasilkan banyak spesies baru dari discus.


Jenis diantaranya adalah : Red Royal Blue, Snake Skin, Snake Skin, Snake Skin King Kobra, Blue Diamond, Red Melon, San Merah, Golden Marlboro, Leopard Snake, Mozaik Leopard, White Diamond, Fire Cracker, Heckel Discus dan lain-lain. Lebih lengkap baca (Jenis Discus Populer)

Harga

Di Indonesia, ikan ini masih berharga cukup tinggi, meskipun berukuran kecil, Red Turqois harganya kisaran Rp. 30.000,- hingga Rp. 50.000,-, Kemudian Pigeon Snake bisa mencapai Rp. 60.000, bahkan harga Leopard Snak Skin mencapai harga Rp. 200.000. Dari kisaran harga di pasaran ikan diskus rata-rata berkisar diantara harga Rp. 50.000 hingga Rp. 300.000,-


Media Aquarium

Media untuk memelihara atau membudidayaka ikan discus dengan menggunakan Aquarium, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan dan penyedian aquarium, diantaranya adalah :
Pilihlah aquarium yang disesuaikan  dengan ukuran ikan, dan banyaknya ikan.
Sebaiknya memisahkan atau mengklasifakasikan ikan sesuai dengan ukuran/besar ikan.
Siapkan perangkat lain aquarium dan perangkat pembersiahan aquarium seperti, airator, filter, saringan, pembersih kaca, batu apung, hiasan akuariu, lampu akuarium dan lain-lain.

Kondisi Air

Selain aquarium, yang harus diperhatikan dalam memelihara ikan discus adalah air, air adalah hal terpenting, untuk melakukan perawatan terhadap diskus ada beberapa yang  harus diketahui bagi pemelihara dan peternak discus, diantaranya adalah :
Ph air untuk memelihara discus adalah berkisar 6,3 - 6,8
Suhu air berkisar antara 27-28 derajat celcius
oksigen pada air harus selalu tersedia, dengan menggunakan airator.
Lakukan pembersihan atau pergantian air sebanyak 1 minggu sekali, minimal.

Pakan Ikan Discus

Makanan ikan discus yang baik diantaranya :

Jentik nyamuk
Artemia
Daphnia ( kutu air )
Hamburger ( khusus discus )
Cacing sutra ( tubifex )
Telur udang
Blood worm
Tetra-bits

Budidaya Ikan Discus

Cara budidaya ikan hias discus tidaklah sulit, jika sudah terbiasa memelihara ikan discus, maka untuk melakukan budidaya sangat mudah sekali, Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan budidaya ikan discus, diantaranya:

Lakukan pembudidayaan ikan discus pada aquarium yang disesuaikan dengan ukuran, sebaiknya ikan discus kecil ditempatkan pada aquarium petak yang dibagi-bagi (sesuai ukuran ikan)
Menginjak dewasa biasanya ikan akan berjalan berpasang-pasangan, pasangan inilah yang kemudian dipisahkan dari kelompok lainnya.
Merawat Dan Budidaya Ikan Discus  Merawat Dan Budidaya Ikan Discus Reviewed by Tag on Juli 09, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar